Badiklat PKN Gelar Sosialisasi Program Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara BPK RI bagi Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota Jambi

Dalam rangka meningkatkan kualitas pemeriksaan dan pengelolaan keuangan negara/daerah bagi pihak eksternal BPK, Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) menggelar acara Sosialisasi Program Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara bagi Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota Jambi pada Senin, 19 Juni 2023 di BPK Perwakilan Provinsi Jambi. Acara sosialisasi ini merupakan salah satu agenda dari rangkaian kegiatan Pemutakhiran Data Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan dan Pemantauan Penyelesaian Kerugian Negara/Daerah sampai dengan Semester I Tahun 2023 Pemerintah Daerah seluruh Provinsi Jambi.

Mengawali acara, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jambi, Rio Tirta, menyampaikan bahwa para pemeriksa di lingkungan Inspektorat harus berperan aktif melakukan pengembangan kompetensi untuk menunjang kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah   “Harapan kami, teman-teman yang mengawasi harus lebih baik daripada yang diawasi, kami harap Bapak/Ibu yang ada di lingkungan Inspektorat mempunyai kompetensi dan ilmu yang bagus”, ujar Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jambi.

Lebih lanjut, Kepala Pusat Sertifikasi dan Pengembangan Diklat PKN, Satrio Hari Nugroho, menambahkan dalam sambutannya, “Dengan adanya sinergi pemeriksaaan dan kediklatan yang BPK bangun saat ini, diharapkan pengelolaan keuangan daerah akan semakin baik lagi, Bapak/Ibu semakin meningkat kompetensinya”.

Salah satu visi BPK RI 2020-2024 adalah menjadi lembaga pemeriksa yang berperan aktif dalam perbaikan pengelolaan keuangan negara. Terdapat dua dimensi dalam mewujudkan visi tersebut, yang pertama melalui kegiatan pemeriksaan BPK, yang kedua dari sisi kediklatan, yang dalam hal ini dikelola oleh Badiklat PKN. Badiklat PKN berperan merumuskan kebijakan, merencanakan, menyelenggarakan, mengevaluasi, dan mengembangkan kegiatan Pendidikan, Pelatihan, dan Pembimbingan bagi pelaksana BPK serta pendidikan dan pelatihan bagi pihak di luar BPK.

Untuk mewujudkan visi BPK, BPK telah merumuskan visi BPK Corporate University ( BPK CorpU) yaitu “Menjadi Corporate University kelas dunia melalui pendidikan dan pengembangan pemeriksa keuangan negara yang kompeten dan professional”. Pendekatan Diklat melalui BPK CorpU ini yaitu Training Needs Assesment yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, Link and Match dengan tujuan individu, satker, dan organisasi, Sinergi dan Kolaborasi, Problem Solved Learning, Memberikan manfaat bagi peserta, satker pemberi tugas dan organisasi melalui evaluasi level 1 -4.

Pada kesempatan sosialisasi ini, Kepala Pusat Sertifikasi dan Pengembangan Diklat PKN juga menyampaikan gambaran singkat profil Badiklat PKN, berbagai program diklat eksternal yang dimiliki Badiklat PKN yaitu Pemeriksaan Keuangan Negara, Pengelolaan Keuangan Negara, dan Pengembangan Softskill serta Fasilitas Penyelenggaraan Diklat yang dimiliki oleh Badiklat PKN, Balai Diklat PKN (BDPKN) Yogyakarta, BDPKN Medan, BDPKN Gowa, dan BDPKN Bali.

Pada sesi akhir sosialisasi disampaikan pemaparan program diklat eksternal secara detail oleh Kepala Bidang Perencanaan Badiklat PKN, Afrilizar Diantini, serta dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.