Badiklat PKN Selenggarakan Sosialisasi Program Diklat Eksternal bagi Perangkat Daerah di Kalimantan Utara

Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara bagi pihak eksternal yang diselenggarakan secara hybrid di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (20/6).

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan dan pengelolaan keuangan negara/daerah khususnya bagi pihak eksternal BPK antara lain Pengelola Keuangan Negara/Daerah, Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), serta pihak lain yang memerlukan pengetahuan dan pengembangan kompetensi di bidang pemeriksaan keuangan negara.

Mengawali kegiatan sosialisasi, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara, Ruben Artia Lumbantoruan, menyampaikan bahwa Kalimantan Utara sebagai daerah perbatasan memiliki tantangan dan peluang dengan jalur transportasi air yang dekat dengan negara lain. Provinsi Kalimantan Utara juga dipercaya untuk menyediakan Kawasan Kaltara Industrial Park Indonesia (KIPI) sekaligus Kawasan industri hijau indonesia.

Untuk mencapai tujuan dari pembangan Provinsi Kalimantan Utara diperlukan ASN yang kompeten dan adaptif. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan serta memberikan nilai tambah dalam aktivitas operasional pemerintah daerah tersebut, salah satunya dapat di capai melalui peningkatan kompetensi dengan pelaksanaan diklat eksternal yang di selenggarakan oleh Badiklat PKN BPK.

Sesuai dengan Renstra BPK 2020 – 2024 untuk menjadi lembaga pemeriksa terpercaya yang berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan negara. Untuk itu BPK berperan aktif dalam memperbaiki tata Kelola melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang di tujukkan tidak hanya bagi pihak internal namun juga bagi pihak eksternal. Sejalan dengan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Pengembangan Kompetensi dan Penilaian Kinerja Biro SDM BPK, Iman Santoso, “Dengan pelatihan yang di selenggarakan oleh BPK saat ini, harapannya tidak hanya BPK yang maju, namun kita dapat maju Bersama, khususnya dalam peningkatan kompetensi pengelolaan keuangan negara.

Dalam kesempatan ini, perwakilan perangkat daerah yang di wakili oleh Inspektur Provinsi Kalimantan Utara, Yuniar Aspiati, sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diselenggarakn oleh Badiklat PKN. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi ini sangat penting dalam memberikan gambaran mengenai kegiatan diklat yang dapat di ikuti oleh perangkat daerah. Melalui pelaksanaan diklat ini diharapkan kelak dapat membantu penata laksanaan daerah dengan baik.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan gambaran singkat mengenai profil Badiklat PKN serta Fasilitas Penyelenggaraan Diklat yang dimiliki oleh Badiklat PKN, Balai Diklat PKN (BDPKN) Yogyakarta, Medan, Gowa, dan Bali. Dalam sesi ini, disampaikan pula paparan mengenai program diklat secara detail dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan sosialisasi diklat eksternal turut di hadiri oleh Kepala Sekretariat BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara Dionisius Yudianto, Kepala Subauditorat Kalimantan Utara Surya Hadi Saputra,  Inspektur Kota Tarakan, Abdul Aziz Hasan, Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Ernes Silvanus, Sekretaris Daerah Kabupaten Tana Tidung Said Aqil, Pejabat Struktural yang mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bulungan, Nunukan, dan Kota Tarakan, Serta para Pejabat Struktural, Fungsional dan para pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara.