Sosialisasi Program Diklat Eksternal di Provinsi Maluku Utara

Bertempat di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Badiklat PKN menyelenggarakan sosialisasi program diklat teknis pengelolaan keuangan negara yang disediakan oleh Badiklat PKN. Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan kegiatan pengelolaan keuangan di sektor publik, perlu dilakukan peningkatan kompetensi melalui program pendidikan dan pelatihan. Selain menyelenggarakan diklat internal bagi para pegawai di lingkungan BPK, Badiklat PKN juga menyelenggarakan diklat eksternal antara lain Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan pengelolaan keuangan Negara atau Daerah, Maluku Utara, Rabu (21/6).

Sosialisai yang diselenggarakan secara klasikal ini, turut dihadiri oleh Sekretaris serta Inspektur Daerah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) atau yang mewakili Pemda lingkungan provinsi setempat, serta Kepala Balai Diklat PKN Gowa, Riyanto, para Pejabat Struktural Balai Diklat PKN Gowa dan para Pejabat Struktural di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara.

”Selaku satuan kerja BPK sangat mendukung semua upaya perbaikan tata kelola keuangan di daerah agar lebih transparan dan akuntabel dengan meningkatkan kompetensi teknis pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah baik terkait dengan pengelolaan maupun pertanggungjawaban pengelolaan keuangan Negara/Daerah.” ungkap Kepala Sekretariat BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Taufikurrahman, yang mewakili Kepala BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara, saat membuka sosialisasi ini.

Lebih lanjut sambutan disampaikan oleh Kepala Pusat Akademik dan Teknologi Pembelajaran Diklat, Dwi Setiawan Susanto. Dalam sambutannya Kepala Pusat Akademik dan Teknologi Pembelajaran Diklat menjelaskan ’’kami mengembangkan sistem itu tujuannya untuk mengetahui bagaimana caranya mengelola tata kelola keuangan Negara/Daerah yang terbaik,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan pihak eksternal BPK dapat mengenal lebih dekat Badiklat PKN dan program diklat yang diselenggarakan oleh Badiklat PKN yang dapat diikuti oleh pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah, baik dalam lingkup APIP, OPD maupun BUMD.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan identifikasi kebutuhan diklat, dalam rangka penyusunan Kalender Diklat Tahun 2024, Badiklat PKN mensosialisasikan program-program diklat yang disediakan oleh Badiklat PKN, baik diklat internal maupun diklat eksternal. Pembahasan terkait kolaborasi Badiklat PKN dengan Satker antara lain tentang program diklat, metode pembelajaran, cakupan materi, dan waktu pelaksanaan diklat, dengan harapan diklat yang diselenggarakan Badiklat PKN pada tahun 2024 sesuai dengan kebutuhan satker.