Badiklat PKN Menerima Kunjungan Bilateral Office of the Auditor General Kenya

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Dr. Isma Yatun didampingi oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuanagn Negara (Badiklat PKN) Suwarni Dyah Setyaningsih menerima kunjungan bilateral delegasi Office of the Auditor-General (OAG) Kenya ke Badiklat PKN Jakarta, yang diselenggarakan pada Senin (24/7). Ketua BPK menyambut baik kunjungan kerjasama yang dilakukan antara OAG Kenya dengan BPK.

 

Lebih lanjut Kepala Badiklat PKN menyampaikan mengenai gambaran umum Corporate University (Corpu) BPK yang meliputi Rencana Strategis BPK, Konsep BPK Corpu, Sistem Informasi dan rencana implementasi. Selain memaparkan mengenai gambaran singkat program-program pelatihan yang ada di Badiklat PKN, beliau juga juga berharap dapat menumbuhkan minat yang baik dari OAG Kenya untuk melakukan peningkatan kapasitas di Badiklat PKN. Delegasi OAG Kenya yang dipimpin oleh Auditor-General of Kenya, Ms. Nancy Gathungu. Beliau menyampaikan bahwa kunjungan delegasi bertujuan untuk memperoleh gambaran terkait pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK. Selain itu beliau juga menyampaikan apresiasi kepada BPK dan Badiklat PKN dalam hal kemajuannya dalam audit sektor publik dan pengembangan kapasitas audit dibandingkan OAG Kenya. Untuk itu melalui kunjungan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kolaborasi antar BPK dan OAG Kenya.

 

 

Dalam kunjungan ini para delegasi yang terdiri dari Deputy Auditor-General of Kenya, Mr. Stanley M. Mwangi dan Deputy Director of Kenya dan Mr. Jared A. Nyasani, berkesempatan untuk melakukan diskusi dan tanya jawab terkait program pelatihan yang dimiliki oleh Badiklat dan dilanjutkan dengan office tour sekaligus memperlihatkan fasilitas pembelajaran seperti ruang kelas, galeri, ruang theater, ruang makan, outdorclass, auditorium, fitness center, sports centre, dan moot court yang berada di lingkungan Badiklat PKN BPK.

Kegiatan ini turut di hadiri oleh Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional, R. Yudi Ramdan Budiman, Kepala Pusat Akademik dan Teknologi Pembelajaran, Dwi Setiawan Susanto, Kepala Pusat Sertifikasi dan Pengembangan Diklat, Satrio Hari, Nugroho, Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat, Dali Mulkana, serta para pejabat struktural lainnya di lingkungan BPK.

Melalui kunjungan bilateral ini diharapkan dapat memupuk kerja sama yang baik antara BPK dengan AOG Kenya. Di samping itu, kedua Instansi dapat saling bertukar informasi untuk memperkuat semangat dalam peningkatan kapasitas auditor dan organisasi melalui pendidikan dan pengembangan pemeriksa keuangan negara.