CPNS Golongan II STAN Tahun 2023 Mengikuti Ceramah Kebijakan Pengembangan SDM Aparatur dan MTSL

Seratus (100) orang pegawai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Golongan II formasi DIII STAN mengikuti kegiatan Ceramah Kebijakan Pengembangan SDM Aparatur dan Nilai-Nilai ASN serta Ceramah Muatan Teknis Substansi Lembaga (MTSL)  di Ruang Theater Badiklat PKN, pada Senin (24/7/23). Kegiatan ceramah ini merupakan pembelajaran klasikal yang mengawali rangkaian kegiatan pelatihan dasar (latsar) CPNS Golongan II STAN Tahun 2023.

Ceramah Kebijakan Pengembangan SDM Aparatur dan Nilai-Nilai ASN disampaikan oleh Kepala Pusat Sertifikasi dan Pengembangan Diklat PKN, Satrio Hari Nugroho. Beliau menyampaikan bahwa  sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki dan menguasai tiga jenis kompetensi agar dapat mendorong proses pembangunan nasional yang meliputi Kompetensi Teknis, Manajerial, dan Sosial Kultural.

Kompetensi teknis diukur dari tingkat dan spesialisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional, dan pengalaman kerja secara teknis, kompetensi manajerial diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural dan manajemen, dan pengalaman kepemimpinan, sedangkan kompetensi sosial kultural diukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga tentang Nilai-Nilai Dasar ASN dan Pengembangan Karir ASN (Merit Sistem) yaitu kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, ataupun kondisi kecacatan. Selain itu, para CPNS juga mendapat gambaran tentang kesempatan pengembangan kompetensi SDM aparatur di BPK melalui pendidikan gelar (beasiswa dalam maupun luar negeri), diklat pimpinan, sertifikasi profesi, maupun shortcourse yang dapat diikuti di dalam dan luar negeri.

Untuk Ceramah Muatan Teknis Substansi Lembaga (MTSL) yang disampaikan oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Dali Mulkana, para CPNS mendapatkan pemahaman agar dapat mengenal lebih dekat dengan BPK, yaitu pemahaman materi terkait  dasar hukum dan mandat BPK dan BPK Perwakilan, Tugas Pokok BPK dan BPK Perwakilan, Peran dan  Sinergi BPK dengan para Stakeholder, hingga peran dan capaian BPK di kancah internasional seperti kerja sama dalam organisasi INTOSAI, ASOSAI, dan ASEANSAI.

Melalui kegiatan ceramah ini diharapkan calon pegawai BPK dapat memahami peran dan tugas BPK, mampu menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values ASN yang berAKHLAK, yaitu Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif, dalam rangka mendukung employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”.