Ceramah Umum CPNS Golongan II STAN Tahun 2023

Bertempat di Ruang Theater, Badiklat PKN menyelenggarakan Ceramah Umum bagi Seratus (100) orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Golongan II formasi DIII STAN. Ceramah umum dengan tema Core Values and Employer Branding ASN disampaikan oleh Kepala Pusat Akademik dan Teknologi Pembelajaran Diklat, Dwi Setiawan Susanto, Selasa (25/7).

Dalam ceramahnya beliau menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Standar Pemeriksaan Keuangan Negara, terdapat nilai dasar organisasi BPK. Nilai Dasar BPK adalah kristalisasi moral yang melekat pada diri setiap Anggota BPK dan Pemeriksa serta menjadi patokan dan cita–cita yang ideal dalam melaksanakan tugas pemeriksaan, yang terdiri dari Independensi, Integritas, dan Profesionalisme.

Independensi yaitu suatu sikap dan tindakan dalam melaksanakan pemeriksaan untuk tidak memihak kepada siapapun dan tidak dipengaruhi oleh siapapun, Integritas yaitu BPK membangun nilai integritas dengan bersikap jujur, objektif, dan tegas dalam menerapkan prinsip, nilai, dan keputusan serta Profesionalisme yaitu BPK membangun nilai profesionalisme dengan menerapkan prinsip kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan, serta berpedoman kepada standar yang berlaku.

Kegiatan yang dilaksanakan secara klasikal ini, bertujuan agar calon pegawai BPK dapat memahami peran dan tugas BPK, mampu menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values ASN yang berAKHLAK, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif, dalam rangka mendukung employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”.