Penyuluhan Narkoba kepada Latsar CPNS Tahun 2023

Agenda Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) merupakan salah satu agenda pada Latsar CPNS Tahun 2023, dalam rangka membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab. Agenda ini difasilitatori oleh Penyuluh Narkoba Ahli Muda Direktorat Advokasi BNN, Eva Fitri Yuanita, kepada seratus (100) orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Golongan II formasi DIII STAN, di Badiklat PKN, Kamis (3/8).

Bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib bagi lingkungan pendidikannya, sehingga masyarakat sekitar lingkungan kerja tersebut dapat bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Dalam agenda ini fasilitator menyampaikan bahwa latar belakang permasalahan narkoba meliputi Volatility, Uncertainty, Complexity serta Ambiguity. Beliau juga menjelaskan mengenai jenis-jenis narkotika dan obat-obatan terlarang, dampak jangka panjang dan kesehatan mental, tingkat penggunaan narkoba serta ancaman hukumannya.

Melalui penyuluhan ini, diharapakan keterlibatan pemangku kebijakan di lingkungan kerja dalam memerangi narkoba melalui P4GN yaitu dengan menyusun regulasi, mendorong kegiatan dan memiliki relawan atau satuan tugas anti narkoba.