Ceramah Umum Ketua KNKG mengenai Comprehensive Public Sector Reporting

Ketua Umum Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Prof. Mardiasmo menyampaikan materi mengenai Comprehensive Public Sector Reporting yang disampaikan dalam kegiatan ceramah umum kepada para peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) 2023, yang dilaksanakan di Badiklat PKN, Jakarta (Selasa 29/8).

Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) merupakan komite yang bertanggung jawab atas pengembangan penerapan governansi di Indonesia melalui rangkaian upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan dan tata kelola korporasi yang baik guna mendorong peningkatan kinerja perekonomian nasional.

Adapun paparan yang disampaikan dalam kesempatan ini mengenai governance reporting, public financial management, green accounting, hingga arah perkembangan pelaporan mengenai isu lingkungan, sosial, dan governansi. Tema tersebut merupakan salah satu upaya agar kelak para peserta pelatihan dapat merepresentasikan hasil inovasi dalam mengembangkan solusi yang mendorong perkembangan dan kemakmuran baik bagi institusi maupun masyarakat dengan menggabungkan inovasi dengan prinsip-prinsip governansi yang berkelanjutan.

Melalui kegiatan ceramah umum ini diharapkan para Pejabat Administrator di lingkungan BPK dapat menjalankan praktik governansi yang baik yang dapat di terapkan untuk mengembangkan ide-ide perubahan yang akan diterapkan dalam unit organisasi sekaligus untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan BPK yang diwujudkan dalam perbaikan kualitas tatakelola, peningkatan transparansi, dan akuntabiltitas keuangan negara.