Ceramah Umum Manajemen Kinerja oleh Anggota III BPK

Achsanul Qosasi, Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III, memberikan Ceramah Umum kepada Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Tahun 2023 dan Pengarahan Kepada Peserta Diklat Jabatan Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama (JFPAP) Tahun 2023, di Auditorium BPK, Gedung Tower lantai 2, Kantor Pusat BPK RI, Kamis (31/8).

Manajemen Kinerja merupakan pengelolaan kinerja level organisasi sampai dengan individu dengan tahapan perencanaan, monitoring dan penilaian serta evaluasi dan pelaporan. Tujuannya untuk memastikan bahwa semua level organisasi bekerja untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif.

Dalam ceramahnya beliau menjelaskan bagaimana cara BPK menjaga kepercayaan rakyat antara lain dengan mempertahankan dan meningkatkan kinerja, mengukur kinerja secara reguler, manajemen kinerja organisasi dan indivdu sampai dengan value dan benefit.

Disamping itu, Kepala Badiklat PKN, Suwarni Dyah Setyaningsih, menyampaikan laporan Progres Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) diikuti oleh 20 orang peserta, terdiri atas 19 peserta internal BPK (pejabat struktural eselon III dari unit kerja BPK Pusat dan Perwakilan) serta 1 peserta eksternal BPK dari Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin. Diklat Jabatan Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama (JFPAP) Tahun 2023 diikuti oleh 37 orang peserta yang telah berstatus sebagai PNS, bertujuan memenuhi kompetensi dasar yang dibutuhkan untuk dapat melaksanakan tugas pemeriksaan bagi pegawai yang akan menduduki Jabatan Fungsional Pemeriksa.

Kepala Badiklat PKN mengungkapkan bahwa “ceramah umum ini bertujuan untuk membekali peserta, dengan kemampuan mengaktualisasikan kepemimpinan manajemen kinerja, untuk mendukung pelaksanaan tugas memimpin kegiatan pelayanan publik. Sehingga peserta mampu mendapatkan lesson learnt, adopsi, dan adaptasi, serta strategi peningkatan manajemen   kinerja   organisasi pelayanan publik, serta berbagi pengalaman hasil studi lapangan kinerja organisasi.” ungkapnya.

Ceramah umum dengan tema Manajemen Kinerja turut dihadiri Auditor Utama Keuangan Negara III, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di AKN III dan  Badiklat PKN, Para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional di Lingkungan AKN III dan Badiklat PKN serta Para Pelatih dan Pembina dari Rindam Jaya.