Pelatihan Digital Enterprise Architecture (DNA) bagi Pegawai BPK

Diselenggarakan dengan metode distance learning selama 3 (tiga) hari pada 25 – 27 September 2023. Diklat Enterprise Architecture diikuti oleh 59 (lima puluh sembilan) orang peserta yang tergabung dalam 1 (satu) kelas. Peserta pelatihan merupakan Tim Pelaksana Pengelola Bidang pada Tim Pengelola Digital Enterprise Architecture (DNA) BPK. Pelatihan dibuka oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Dali Mulkana, Senin (25/9).

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN menjelaskan bahwa ”untuk mengembangkan kemampuan organisasi, BPK mengembangkan suatu Enterprise Architecture (EA) dengan cara menyelaraskan proses bisnis (business architecture) dengan TI dalam perspektif data (data architecture), aplikasi (application architecture), dan teknologi (technology architecture)”, jelasnya.

Seluruh proses bisnis dimodelkan dan dihubungkan dengan berbagai dimensi organisasi. Proses bisnis ini memberikan informasi mengenai interaksi proses bisnis antar fungsi organisasi sehingga kolaborasi proses bisnis dapat terpetakan.

”Selain alur proses bisnis, setiap aktivitas dihubungkan dengan berbagai dimensi di organisasi seperti aplikasi, data, teknologi, risiko, Key Performance Indicator (KPI), regulasi, standar manajemen, dan dimensi lain yang ada di BPK”, ujarnya.

Dengan mengikuti pelatihan, diharapkan peserta mampu menjadi pendorong dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi BPK, dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Hal ini sebagai bentuk tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).