Wakil Ketua BPK Membuka Workshop IT Self-Assessment (ITSA)

Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Hendra Susanto membuka Workshop IT Self-Assessment (ITSA) dalam rangka Peer Review Tahun 2024 sebagai tahap awal pelaksanaan reviu oleh SAI Swiss (Swiss Federal Audit Office/SFAO) pada area Teknologi Informasi (TI) BPK, di Badiklat PKN, Rabu (4/10/2023).

Selain para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (PPTM), workshop juga dihadiri Ms. Brigitte Christ, Deputy Director, Head of Mandate Sector dari Swiss Federal Audit Office dan Ms. María Magdalena Cordero Valdavida, Expert dari Swiss Federal Audit Office.

Wakil Ketua BPK sangat mengapresiasi bantuan dari Swiss Federal Audit Office (SFAO) dalam meninjau bidang TI BPK.

Keunggulan ITSA antara lain ITSA akan memberikan manfaat bagi BPK, ITSA menawarkan platform untuk memungkinkan kontak dekat antara pengguna dan spesialis TI, ITSA dapat mengungkap hambatan budaya dan organisasi dalam mencapai standarisasi serta ITSA akan mengidentifikasi kondisi TI saat ini dan kondisi yang diinginkan sesuai persepsi peserta.

Dalam sambutannya Wakil Ketua BPK menjelaskan bahwa ”tanpa dukungan IT, proses pemeriksaan BPK menjadi kurang efektif dan efisien, karena membutuhkan lebih banyak sumber daya baik dari segi waktu, auditor, dan anggaran jika kita melakukan pemeriksaan dengan cara konvensional,” jelasnya.

Di era digital yang terus berkembang pesat ini, organisasi dan individu di seluruh dunia dihadapkan pada tuntutan untuk terus beradaptasi, dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola teknologi.

Dalam menghadapi tantangan perubahan yang sangat cepat, BPK harus memenuhi harapan para pemangku kepentingan, mengenai bagaimana menggunakan TI untuk meningkatkan kualitas proses bisnis, terutama dalam proses pemeriksaan.

“Hasil lokakarya ini penting sebagai acuan bagi tim Peer Review, untuk menggali lebih jauh bagaimana BPK mengembangkan teknologi informasinya,“ ungkapnya.

Kegiatan workshop IT Self-Assessment ini diharapkan dapat menjadi sarana produktif bagi BPK untuk memiliki IT yang lebih maju.