Badiklat PKN BPK Mendapatkan Sertifikat Akreditasi Lembaga Pelatihan dari LAN RI

Badiklat PKN BPK memperoleh Sertifikat Akreditasi Lembaga Pelatihan kategori Akreditasi Lembaga Pengakreditasi Program dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) yang diserahkan secara langsung oleh Kepala LAN Adi  Suryanto, kepada Kepala Badiklat PKN, Suwarni Dyah Setyaningsih, di Gedung LAN Veteran, Selasa (7/11).

Seperti yang disampaikan oleh Kepala LAN dalam sambutannya, bahwa lembaga pelatihan memiliki peran yang strategis dalam mempersiapkan SDM yang kompeten dan profesional. Hal tersebut sejalan dengan prioritas pembangunan yang menekankan pada pembangunan SDM. Untuk itu peran lembaga pelatihan sangat dibutuhkan guna mendukung tercapainya pemerintahan yang berkualitas, profesional, dan berkelas dunia.

Lebih lanjut disampaikan pula bahwa lembaga pelatihan dituntut tidak hanya mampu menyelenggarakan pelatihan, melainkan mampu melakukan terbosan pelatihan – pelatihan baru yang lebih inovatif guna mendukung pemenuhan gap kompetensi bagi ASN. Untuk itu Kepala LAN mendorong setiap lembaga pelatihan terutama yang telah terakreditasi untuk menciptakan pelatihan – pelatihan baru.

Akreditasi yang diberikan oleh LAN kepada lembaga pelatihan merupakan bentuk pengakuan dari LAN atas terpenuhinya standar yang seharusnya dimiliki oleh suatu lembaga pelatihan bagi ASN baik dari segi SDM, perencanaan strategis, fasilitas, penjaminan mutu, ataupun manajemem lembaga pelatihan yang ada  di lembaga pelatihan tersebut.

Sertifikat Akreditasi ini merupakan bentuk pengakuan bagi Badiklat PKN BPK sebagai lembaga pelatihan, khususnya terkait Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara. Status Akreditasi ini juga merupakan upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pelatihan serta sarana dalam membangun kepercayaan stakeholder untuk mengembangkan kompetensi pegawai di Lembaga Pelatihan Pemerintah.