Diklat Eksternal 2024

Untuk mendukung pengembangan kompetensi tentang pemeriksaan keuangan negara, pada tahun 2024 Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK RI kembali menyelenggarakan program Diklat Teknis Pemeriksaan Keuangan Negara bagi pihak eksternal BPK RI yang dapat diikuti oleh pemeriksa KAP, Aparat Pengawas Internal Pemerintah, Satuan Pengawas Internal BUMN/D, Pengelola Keuangan Negara/Daerah, dan Aparatur Pemerintahan Desa.

Dalam menyelenggarakan Diklat tersebut, kami membagi menjadi 2 (dua) Jenis diklat Eksternal yaitu :

1. Diklat Eksternal Kolaboratif (Jadwal dan Lokasi sudah ditentukan oleh Badiklat PKN)

2. Diklat Eskternal Permintaan 1 (satu) Kelas Khusus (jadwal dan lokasi menyesuaikan permintaan)

Terdapat 5 (lima) lokasi penyelenggaraan diklat yaitu Badiklat PKN (Jakarta), Balai Diklat PKN Medan, Balai Diklat PKN Yogyakarta, Balai Diklat PKN Gowa, dan Balai Diklat PKN Bali.

 

1. DIKLAT EKSTERNAL KOLABORATIF

Berikut jadwal diklat kolaboratif dan contact person pada masing-masing lokasi penyelenggaraan.

BADIKLAT PKN DI JAKARTA Kepala Bidang Perencanaan: Eko Purwanto (0813-1513-2006)
NO NAMA DIKLAT WAKTU PELAKSAAAN
1 Pemeriksaan Investigatif 4 s.d.8 Maret 2024
2 Registrasi KAP – Patner 13 s.d.14 Mei 2024
3 Registrasi KAP – Pemeriksa
13 s.d. 17 Mei 2024
4 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan 1 s.d. 5 Juli 2024
5 Penghitungan Kerugian Negara/Daerah 9 s.d. 11 September 2024
6 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan 7 s.d. 11 Oktober 2024

 

BALAI DIKLAT PKN MEDAN Kepala Seksi Penyelenggaraan : Dian Desilia W (0813-8174-0762)

NO NAMA DIKLAT WAKTU PELAKSAAAN
1 Pemeriksaan Pengelolaan Barang Milik Daerah 19 s.d. 23 Februari 2024
2 Penghitungan Kerugian Negara/Daerah 27 s.d. 29 Februari 2024
3 Probity Audit 28 s.d. 31 Mei 2024
4 Pemeriksaan Dana BOSP 11 s.d. 14 Juni 2024
5 Pemeriksaan Kinerja 24 s.d. 28 Juni 2024
6 Pemeriksaan Pendapatan Daerah 19 s.d. 23 Agustus 2024
7 Pengelolaan Dana BOSP 27 s.d. 30 Agustus 2024
8 Pemeriksaan Investigatif 2 – 6 September 2024
9 IT Audit 23 s.d. 27 September 2024
10 Manajemen Stress 1 s.d. 3 Oktober 2024
11 Pemeriksaan Belanja Daerah 14 s.d. 18 Oktober 2024
12 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan 21 s.d. 25 Oktober 2024
13 Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa 5 s.d. 8 November 2024
NO NAMA DIKLAT WAKTU PELAKSAAAN
1 Pemeriksaan Kinerja 27 s.d. 31 Mei 2024
2 Pemeriksaan Pendapatan Daerah 27 s.d. 31 Mei 2024
3 Pemeriksaan Investigatif 3 s.d. 7 Juni 2024
4 Penghitungan Kerugian Negara/Daerah 3 s.d. 5 Juni 2024
5 Pemeriksaan Belanja Daerah 24 s.d. 28 Juni 2024
6 Pemeriksaan PBJ 24 s.d. 28 Juni 2024
7 IT Audit 1 s.d. 5 Juli 2024
8 Pemeriksaan Kepatuhan 8 s.d. 12 Juli 2024
9 Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa 30 Juli s.d. 2 Agustus 2024
10 Pengelolaan Barang Milik Daerah 13 s.d. 15 Agustus 2024
11 Pertanggungjawaban Keuangan Bendahara 13 s.d. 15 Agustus 2024
12 Pemeriksaan BLUD 26 s.d. 30 Agustus 2024
13 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan 9 s.d. 13 September 2024
14 Probity Audit 9 s.d. 13 September 2024
15 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan 7 s.d. 11 Oktober 2024

 

BALAI DIKLAT PKN BALI Kepala Seksi Penyelenggaraan : Budi Yanto (0852-1835-4550)

NO NAMA DIKLAT WAKTU PELAKSAAAN
1 IT Audit 18 s.d. 22 Maret 2024
2 Pemeriksaan Infrastruktur
Gedung dan Bangunan
22 s.d. 26 April 2024
3 Pengelolaan Dana BOSP 13 s.d. 15 Mei 2024
4 Pemeriksaan Investigatif 27 s.d. 31 Mei 2024
5 Pemeriksaa Kinerja 3 s.d. 7 Jun 2024
6 Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa 10 s.d. 13 Juni 2024
7 Pemeriksaan Belanja Daerah 1 s.d. 5 Juli 2024
8 Pemeriksaan Pendapatan Daerah 8 s.d. 12 Juli 2024
9 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan 5 s.d. 9 Agust 2024
10 IT Audit 12 s.d. 16 Agustus 2024
11 Pemeriksaan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) 26 s.d. 30 Agustus 2024
12 Penghitungan Kerugian Negara/Daerah 2 s.d. 4 September 2024
13 Pemeriksaan Barang Milik Daerah (BMD) 9 s.d. 13 September 2024
14 Pemeriksaan Dana BOSP 4 s.d. 7 November 2024
15 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan 11 s.d. 15 November 2024

 

BALAI DIKLAT PKN YOGYAKARTA Kepala Seksi Penyelenggaraan : Ahmad Kholik (0812-7422-2045)

NO NAMA DIKLAT WAKTU PELAKSAAAN
1 Reviu LKPD 26 Feb s.d. 1 Maret 2024
2 Pemeriksaan Pendapatan Daerah 4 s.d. 8 Maret 2024
3 Creative Problem Solving 6 s.d. 8 Mei 2024
4 Penghitungan Kerugian Negara/Daerah 27 s.d. 31 Mei 2024
5 Pemeriksaan Pendapatan 27 s.d. 31 Mei 2024
6 Pemeriksaan Investigatif 10 s.d. 14 Juni 2024
7 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan 3 s.d. 7 Juni 2024
8 Pemeriksaan Belanja Daerah 22 s.d. 26 Juli 2024
9 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan 1 s.d. 5 Juli 2024
10 Penguatan Kapasitas Bendahara Pengeluaran dalam Pengelolaan Keuangan Daerah 29 Juli s.d. 2 Agustus 2024
11 Pengelolaan Dana BOSP 5 s.d. 9 Agustus 2024
12 Analisis Standar Belanja 19 s.d. 23 Agustus 2024
13 Probity Audit 26 s.d. 30 Agustus 2024
14 Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa 2 s.d. 6 Sep 2024
15 Teknik Audit 9 s.d. 13 Sep 2024
16 Pemeriksaan Kinerja 23 s.d. 27 September 2024
17 Pemeriksaan Barang Milik Daerah (BMD) 7 s.d. 11 Oktober 2024
18 Pemeriksaan BLUD 14 s.d. 18 Oktober 2024
19 IT Audit 21 s.d. 25 Oktober 2024
20 Reviu LKPD 4 s.d. 8 November 2024
21 Teknik Komunikasi Efektif dan Public Speaking 12 s.d. 14 November 2024

 

Tarif Diklat Kolaboratif

Besaran tarif diklat kolaboratif dihitung berdasarkan jumlah hari pelaksanaan diklat, adapun tarif diklat sebagai berikut:

Mekanisme Pendaftaran Diklat Kolaboratif

    1. Calon peserta diklat melakukan pendaftaran melalui link sesuai lokasi dimana diklat akan di selenggarakan dengan melampirkan surat pendaftaran calon peserta diklat yang ditujukan kepada: Kepala Badan Diklat PKN Jl. Bina Warga 2, Kalibata Raya, Jakarta Selatan 12750.
    2. Batas pendaftaran terakhir adalah 3 (tiga) Minggu sebelum tanggal pelaksanaan diklat.
    3. Bagi calon peserta diklat yang namanya tercantum pada pengumuman daftar nama calon peserta, diharuskan melakukan pembayaran dan konfirmasi bukti pembayaran sesuai dengan ketentuan yang tertera pada pengumuman.
    4. Seluruh infomasi mengenai informasi pendaftaran dan pelaksanaan diklat akan kami sampaikan melalui website, Untuk itu diharapkan bagi calon peserta diklat untuk selalu memperbaharui informasi melalui website kami.

 

 

2. DIKLAT EKSTERNAL PERMINTAAN 1 KELAS KHUSUS

Selain diklat kolaboratif yang telah kami jadwalkan, kami juga menyediakan program diklat permintaan satu kelas khusus sesuai kebutuhan instansi. Adapun Pilihan topik dapat dilihat pada Booklet dibawah ini

Unduh Boklet Diklat Eksternal Badiklat PKN

 

Mekanisme Pendaftaran Diklat Permintaan 1 Kelas Khusus

  1. Instansi calon peserta mengirimkan surat pendaftaran calon peserta diklat yang ditujukan kepada: Kepala Badan Diklat PKN Jl. Bina Warga 2, Kalibata Raya, Jakarta Selatan 12750. Surat dapat juga dikirim melalui email: pelatihan.eksternal@bpk. go.id.
  2. Surat pendaftaran calon peserta diklat setidaknya memuat informasi sebagai berikut: a). topik diklat yang diinginkan; b). daftar nama calon peserta (dilengkapi dengan NIP/NIK dan jabatan); c). usulan waktu penyelenggaraan; d). nomor kontak dan nama narahubung.
  3. Badiklat PKN mengirimkan surat balasan atas pendaftaran yang diajukan instansi.
  4. Instansi / calon peserta membayar PNBP ke nomor rekening Bendahara Penerimaan Badiklat PKN dan melakukan konfirmasi pembayaran.
  5. Pembayaran dilakukan selambatnya 7 (tujuh) hari kerja sebelum hari pelaksanaan diklat.
  6. Diklat dapat diselenggarakan apabila jumlah peserta mencapai minimal 20 orang.

 

Permintaan Pengembalian Biaya Diklat

Untuk mengetahui informasi permintaan pengembalian biaya diklat Klik Disini

LOKASI DIKLAT

  1. Badiklat PKN di Jakarta,

    Jl. Bina Warga 2 Kalibata Raya, Pancoran, Jakarta Selatan – DKI Jakarta 12750

  2. Balai Diklat PKN Medan,

    Jl. Jamin Ginting KM. 10,5 Simpang Selayang, Medan Tuntungan, Medan –  Sumatera Utara 20135

  3. Balai Diklat PKN Yogyakarta,

    Jl. HOS Cokroaminoto No.52 Tegalrejo, Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta 55253

  4. Balai Diklat PKN Gowa,

    Jl. H.M. Yasin Limpo No.59 Romangpolong, Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan 92113

  5. Balai Diklat PKN Bali,

    Jl. Permata Pering, Pering,Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar, Bali 80581

Klik Disini Untuk mengetahui Fasilitas dari Masing-Masing Lokasi Penyelenggaraan Diklat