Biro Teknologi Informasi Selenggarakan Sharing Knowledge Session Technology Days 2023

Sebagai bentuk tindak lanjut dari rekomendasi atas hasil Peer Review tahap pendahuluan yang dilakukan oleh Swiss Federal Audit Office (SFAO) dengan menggunakan metode Information Technology Self-Assessment (ITSA), dan memperhatikan isu strategis organisasi serta perkembangan Teknologi Informasi (TI) secara nasional dan global.

Biro TI menyelenggarakan sharing knowledge session dalam bentuk kegiatan Technology days 2023 (Techdays 2023), di Auditorium Badiklat PKN, Senin (11/12/2023).

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 di mana kemajuan TI secara empiris menjadi penghela yang membentuk tatanan baru bagi berbagai model bisnis yang sangat mengandalkan data sebagai sumber daya utama untuk meningkatkan nilai organisasi.

Penyelenggaraan kegiatan Techdays 2023 dengan tema “BPK Menuju Organisasi Berbasis Data yang Aman” ini, bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para peserta, tentang pentingnya keamanan informasi dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan TI, serta memperkenalkan produk-produk TI yang ada kepada peserta agar pengelola TI diluar Biro TI mengetahui produk-produk TI.

Kegiatan Techdays 2023 dibuka secara langsung oleh Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif. Pelaksanaan kegiatan selama dua hari pada 11 s.d. 12 Desember 2023, diikuti oleh 200 orang peserta yang terdiri dari Kepala Subbagian Umum TI dan Staf Pengelola Layanan TI yang berada di Kantor Pusat, BPK Perwakilan dan Badan Diklat.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal BPK menjelaskan bahwa ”eksistensi suatu organisasi akan tergantung pada seberapa jauh kemampuan berinovasinya, oleh karena itu dalam kegiatan ini apabila ada inovasi-inovasi khususnya dalam bidang TI yang bisa kita lakukan dan wujudkan, maka inovasi tersebut akan lebih bernilai,”jelasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan mendapatkan masukan dan usulan dari para pengelola layanan TI sebagai upaya perbaikan berkelanjutan (continous improvement).