Ketua BPK Membuka Pelaksanaan ASOSAI Seminar di Balai Diklat PKN Bali

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASOSAI Seminar dengan tema How to Meet the Public Expectations on SAI yang diselenggarakan pada 11 s.d 15 Desember 2023 di Balai Diklat PKN Bali.

Mengacu pada INTOSAI-P (Prinsip) 12, Supreme Audit Institute (SAI) perlu menunjukkan relevansi berkelanjutan terhadap publik, parlemen, dan pemangku kepentingan lainnya. Selain itu, agar dapat menjadi suara yang kredibel bagi perubahan yang bermanfaat, SAI harus memahami perkembangan  di sektor publik dan melibatkan para pemangku kepentingan mengenai bagaimana SAI dapat memfasilitasi perbaikan di sektor publik.

Untuk itu, seminar ini diharapkan dapat menjadi media bagi para SAI untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara anggota ASOSAI mengenai strategi yang dapat dilakukan untuk memenuhi harapan masyarakat, ungkap Ketua BPK, Isma Yatun, dalam sambutannya pada saat membuka kegiatan seminar, Senin (11/12).

Lebih lanjut Ketua BPK menyampaikan apresiasi kepada Dewan Audit Jepang, selaku Administrator Pengembangan Kapasitas ASOSAI, yang telah mempercayakan BPK menjadi tuan rumah kegiatan ini. Kegiatan ASOSAI Seminar ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap 2 tahun dengan kerja sama antara ASOSAI Capacity Development Administrator (SAI Jepang).

Kegiatan ini di ikuti oleh 22 SAI yang terdiri dari Afganistan, Armenia, Australia, Bangladesh, Bhutan, China, Cyprus, Indonesia, India, Jordan, Cambodia, Kuwait, Lao PDR, Myanmar, Mongolia, Nepal, Philippines, Thailand, Tajikistan, Vietnam, dan Yemen.

Kegiatan seminar ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk mendukung SAI dalam meningkatkan kepercayaan publik serta mempertahankan akuntabilitas melalui sharing pengalaman diantara para peserta dengan Subject Matter Expert yang berasal dari SAO Thailand maupun BPK yang ahli di bidang pemeriksaan keuangan negara.