Badiklat PKN Selenggarakan Diklat Audit Sistem Mutu ISO 9001:2015

Kepala Pusat Sertifikasi dan Pengembangan Diklat PKN, Satrio Hari Nugroho membuka pelaksanaan Diklat Audit Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang di selenggarakan secara klasikal di Badiklat PKN, Senin (12/2). Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan suatu standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, yang dirancang untuk membantu memastikan organisasi dapat memenuhi kebutuhan stakeholders serta produk layanan yang dihasilkan memenuhi persyaratan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dengan berpedoman pada ISO 9001:2015 sebuah organisasi dapat melakukan evaluasi atas  proses yang dilakukan oleh instansi/lembaga, apakah telah memenuhi persyaratan mutu secara konsisten. Selain itu, penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 juga dapat memastikan konsistensi mutu produk dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan perusahaan ataupun pelanggan serta mencegah terjadinya kegagalan mutu produk atau jasa sepanjang proses produksi.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kompetensi pelaksana audit internal agar dapat menyelenggarakan dan meningkatkan kepuasan peserta diklat, terutama dalam penjaminan mutu diklat, serta untuk memenuhi persyaratan Sertifikasi ISO 9001:2015 maka Badiklat PKN menyelenggarakan kegiatan pelatihan Audit Sistem Mutu ISO 9001:2015 bekerjasama dengan PT. SUCOFINDO sebagai fasilitator.

Kegiatan diklat yang diselenggarakan selama 2 hari, pada tanggal 12 dan 13 Februari 2024, diikuti oleh peserta yang berasal dari Badiklat PKN dan Balai Diklat PKN Medan, Gowa, Jogjakarta, dan Bali. Melalui diklat ini diharapkan para Pelaksana di lingkungan Badiklat PKN dan Balai Diklat PKN dapat mengetahui, cara memperoleh sertifikasi, apa yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan sertifikasi serta cara melakukan audit internal, sehingga dapat meningkatkan kontribusi penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) di Lingkungan Badiklat PKN.