PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR (PKA)

Dalam rangka mendukung terwujudnya tata kelola organisasi yang lebih baik, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) membutuhkan sosok pejabat Administrator yang memiliki peran penting bagi keberlangsungan unit organisasi. Jabatan Administrator adalah kelompok jabatan Administrator pada instansi pemerintah sebagaimana diatur dalam undang-undang yang mengatur mengenai ASN. Pejabat Administrator bertanggung jawab mengelola segala aspek yang meningkatkan kinerja organisasi.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Badiklat PKN, R. Yudi Ramdan kepada para peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator, saat melaksanakan pembelajaran secara klasikal tahap I di Badiklat PKN, Senin (15/7).

Kegiatan pelatihan yang telah dimulai sejak 3 Juni 2024 dilaksanakan dengan metode blended learning. Adapun tahapan pembelajaran PKA meliputi self learning, distance learning, pembelajaran di satuan kerja, dan klasikal. Pembelajaran secara klasikal dilanjutkan dengan Ceramah Umum dengan tema “PERAN KEPEMIMPINAN PANCASILA DAN INTEGRITAS PARA PEJABAT ADMINISTRATOR BPK” yang disampaikan oleh Wakil Ketua BPK, Hendra Susanto.

Kepemimpinan Pancasila ialah Kepemimpinan yang dilandasi oleh nilai-nilai Pancasila yakni nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah Mufakat, dan Keadilan Sosial. “Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai di masyarakat yang bersumber dari nilai-nilai agama dan sosial budaya. Nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi Hikmah Kebijaksanaan, dan Keadilan tercermin dalam kehidupan masyarakat Indonesia,” jelas Wakil Ketua BPK.

Pelatihan Kepemimpinan Administrator dilaksanakan untuk membangun kompetensi para pejabat Administrator sehingga memiliki kompetensi untuk memegang kendali pelaksanaan tugasnya dan meningkatkan kinerja satuan kerja organisasi. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta mampu menganalisis substansi nilai-nilai wawasan kebangsaan, kerangka berpikir nilai-nilai Pancasila dan bela negara sebagai fondasi peningkatan kinerja organisasi secara berkesinambungan sebagai wujud nyata bela negara yang berintegritas.