Badiklat PKN Selenggarakan International Training on Big Data Analytics: Implementing Data Science for Auditing with a Case Study on Stunting

Wakil Ketua BPK, Hendra Susanto, membuka kegiatan International Training on Big Data Analytics: Implementing Data Science for Auditing with a Case Study on Stunting di Balai Diklat PKN (BDPKN) Bali, Senin (22/7).

Wakil Ketua BPK menyampaikan bahwa stunting adalah masalah kesehatan masyarakat yang signifikan yang mempengaruhi jutaan anak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Stunting menyebabkan gangguan fisik dan kognitif yang parah. Karena kompleksitas keragaman dan keterhubungan faktor-faktor tersebut, BPK menerapkan pendekatan ilmu data untuk mengatasi masalah ini secara efektif.

Pelatihan ini dirancang berdasarkan pengalaman audit BPK sehingga dilengkapi dengan beberapa studi kasus dari contoh audit yang pernah dilakukan yaitu studi kasus nyata penerapan pendekatan data science dalam mengaudit respon pemerintah terhadap stunting.

Penggunaan Data Science dalam mengaudit kinerja penanganan stunting bermanfaat untuk mengidentifikasi akar permasalahan dan merumuskan rekomendasi yang tepat.