Diklat Eksternal 2025

Untuk mendukung pengembangan kompetensi tentang pemeriksaan keuangan negara, pada tahun 2025 Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK RI kembali menyelenggarakan program Diklat Teknis Pemeriksaan Keuangan Negara bagi pihak eksternal BPK RI yang dapat diikuti oleh pemeriksa KAP, Aparat Pengawas Internal Pemerintah, Satuan Pengawas Internal BUMN/D, Pengelola Keuangan Negara/Daerah, dan Aparatur Pemerintahan Desa.

Dalam menyelenggarakan Diklat tersebut, kami membagi menjadi 2 (dua) Jenis diklat Eksternal yaitu :

1. Diklat Eksternal Kolaboratif (Jadwal dan Lokasi sudah ditentukan oleh Badiklat PKN)

2. Diklat Eskternal Permintaan 1 (satu) Kelas Khusus (jadwal dan lokasi menyesuaikan permintaan)

Terdapat 5 (lima) lokasi penyelenggaraan diklat yaitu Badiklat PKN (Jakarta), Balai Diklat PKN Medan, Balai Diklat PKN Yogyakarta, Balai Diklat PKN Gowa, dan Balai Diklat PKN Bali.

 

1. DIKLAT EKSTERNAL KOLABORATIF

Berikut jadwal diklat kolaboratif dan contact person pada masing-masing lokasi penyelenggaraan.

BADIKLAT PKN DI JAKARTA Kepala Bidang Perencanaan: Eko Purwanto (0813-1513-2006)
NO NAMA DIKLAT WAKTU PELAKSAAAN
1 Pemeriksaan Investigatif 10 s.d. 14 Februari 2025
2 Registrasi KAP – Patner 19 s.d. 20 Mei 2025
3 Registrasi KAP – Pemeriksa
19 s.d. 23 Mei 2025
4 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan 21 s.d. 25 April 2025
5 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan 19 s.d. 23 Mei 2025
6 Penghitungan Kerugian Negara/Daerah 26 s.d. 28 Mei 2025
7 IT Audit 15 s.d. 19 September 2025
8 Probity Audit 6 s.d. 10 Oktober 2025

 

BALAI DIKLAT PKN MEDAN Kepala Seksi Penyelenggaraan : Dian Desilia W (0813-8174-0762)

NO NAMA DIKLAT WAKTU PELAKSAAAN
1 Reviu atas LKPD 17 s.d. 21 Februari 2025
2 Pemeriksaan Investigatif 24 s.d. 28 Februari 2025
3 Pemeriksaan Barang Milik Daerah (BMD) 21 s.d. 25 April 2025
4 Stress Management and Managing Your Time 28 s.d. 30 April 2025
5 Pemeriksaan Kinerja 5 s.d. 9 Mei 2025
6 Penguatan Kapasitas Bendahara Pengeluaran 10 s.d. 13 Juni 2025
7 Penghitungan Kerugian Negara 17 s.d. 20 Juni 2025
8 Pemeriksaan PBJ 21 s.d. 25 Juli 2025
9 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan 28 Juli s.d. 1 Agust 2025
10 Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa 11 s.d. 15 Agustus 2025
11 Probity Audit 26 s.d. 29 Agustus 2025
12 Pemeriksaan Belanja Daerah 15 s.d. 19 September 2025
13 Analisis Standar Belanja 6 s.d. 10 Oktober 2025
14 Pemeriksaan Pendapatan Daerah 3 s.d. 7 November 2025
NO NAMA DIKLAT WAKTU PELAKSAAAN
1 Pemeriksaan Kinerja 21 s.d 25 April 2025
2 Pemeriksaan Belanja Daerah 5 s.d. 9 Mei 2025
3 Pemeriksaan Investigatif 19 s.d. 23 Mei 2025
4 Pengelolaan Barang Milik Daerah 26 s.d. 28 Mei 2025
5 Pengelolaan Dana BOSP 26 s.d. 28 Mei 2025
6 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan 16 s.d. 20 Juni 2025
7 Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa 23 s.d. 26 Juni 2025
8 Pemeriksaan Kepatuhan 30 Juni s.d. 4 Juli 2025
9 Penghitungan Kerugian Negara/Daerah 14 s.d. 18 Juli 2025
10 IT Audit 28 Juli s.d. 1 Agustus 2025
11 Pemotongan dan Pemungutan Pajak oleh Instansi Pemerintah dan Pemeriksaannya 18 s.d. 22 Agustus 2025
12 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan 15 s.d. 19 September 2025
13 Pemeriksaan BLUD 22 s.d. 26 September 2024
14 Probity Audit 13 s.d. 17 Oktober 2025
15 Pemeriksaan Pendapatan Daerah 27 s.d. 31 Oktober 2025
16 Reviu atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 3 S.D. 7 November 2025
17 Penguatan Kapasitas Bendahara 10 s.d. 12 November 2025

 

BALAI DIKLAT PKN BALI Kepala Seksi Penyelenggaraan : Margareta Puput Kurniawati (0813-2564-5821)

NO NAMA DIKLAT WAKTU PELAKSAAAN
1 Penghitungan Kerugian Negara/Daerah 3 s.d. 6 Februari 2025
2 Pemeriksaan Investigatif 17 s.d. 21 Februari 2025
3 Pemeriksaan Kinerja 24 s.d. 28 Februari 2025
4 Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa 14 s.d. 17 April 2025
5 Pemeriksaan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) 5 s.d. 9 Mei 2025
6 Information and Technology (IT) Audit 19 s.d. 23 Mei 2025
7 Pemeriksaan Pengelolaan Dana BOSP 2 s.d. 5 Juni 2025
8 Penghitungan Kerugian Negara/Daerah 10 s.d. 13 Juni 2025
9 Pemeriksaan BUMD 30 Juni s.d. 4 Juli 2025
10 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan 11 s.d. 15 Agustus 2025
11 Pemeriksaan Belanja Daerah 18 s.d. 22 Agustus 2025
12 Pemeriksaan Pendapatan Daerah 25 s.d. 29 Agustus 2025
13 Pemeriksaan Barang Milik Daerah (BMD) 29 September s.d. 3 oktober 2025
14 Information and Technology (IT) Audit 6 s.d. 10 Oktober 2025
15 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan 13 s.d. 17 Oktober 2025

 

BALAI DIKLAT PKN YOGYAKARTA Kepala Seksi Penyelenggaraan : Ahmad Kholik (0812-7422-2045)

NO NAMA DIKLAT WAKTU PELAKSAAAN
1 Reviu LKPD Batch 1 dan 2
3 – 7 Februari 2025
2 Analitikal Thingking dan Creative Problem Solving 3 – 7 Februari 2025
3 Teknik Audit Batch 1 10 – 14 Februari 2025
4 Pemeriksaan Kinerja Rumah Sakit 10 – 14 Februari 2025
5 Pemeriksaan Pendapatan Daerah Batch 1
10 – 14 Februari 2025
6 Sertifikasi PBJ Level 1 — Self Learning (SL) 10 – 14 Februari 2025
7 Pemeriksaan Belanja Daerah Batch 1 17 – 21 Februari 2025
8 Managing Teamwork and Synergy Batch 1 18 – 20 Februari 2025
9 Sertifikasi PBJ Level 1 — Self Learning (SL) 17 – 21 Februari 2025
10 Managing Teamwork and Synergy Batch 2 24 – 26 Februari 2025
11 Sertifikasi PBJ Level 1 — Klasikal plus ujian (SL 14 hari sebelumnya) 24 – 27 Februari 2025
12 Creative Problem Solving Batch 1 dan 2
14 – 16 April 2025
13 Pemeriksaan Kinerja Batch 2 21 – 25 April 2025
14 Pemeriksaan Barang Milik Daerah 1 21 – 25 April 2025
15 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan 21 – 25 April 2025
16 Pemeriksaan Barang Milik Daerah 2 5 – 9 Mei 2025
17 Pemeriksaan Pendapatan Daerah Batch 2 5 – 9 Mei 2025
18 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Batch 1
5 – 9 Mei 2025
19 Work Life Balance 14 – 16 Mei 2025
20 Analytical Thinking 14 – 16 Mei 2025
21 Sertifikasi PBJ Level 1 — Self Learning (SL) 15 – 16 Mei 2025
22 Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa Batch 1 19 – 23 Mei 2025
23 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan Batch 2 19 – 23 Mei 2025
24 Pemeriksaan Investigatif Batch 1
19 – 23 Mei 2025
25 Sertifikasi PBJ Level 1 — Self Learning (SL) 19 – 23 Mei 2025
26 Sertifikasi PBJ Level 1 — Self Learning (SL) 26 – 28 Mei 2025
27 Pengelolaan Barang Milik Daerah
2 – 4 Juni 2025
28 Sertifikasi PBJ Level 1 — Klasikal plus ujian (SL 14 hari sebelumnya) 2 – 5 Juni 2025
29 Diklat Sengketa dan Permasalahan hukum kontrak PBJ 2 – 5 Juni 2025
30 Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa Batch 2 16 – 20 Juni 2025
29 Pemeriksaan Infrastruktur 16 – 20 Juni 2025
30 Pemeriksaan Investigatif Batch 2 30 Jun – 4 Jul 2025
31 Pemeriksaan BLUD Batch 1 — Tidak Menginap (TM) 30 Jun – 4 Jul 2025
32 Pemeriksaan Pengadaan Barang/Jasa Batch 1 — Tidak Menginap (TM) 7 – 11 Juli 2025
33 Pemeriksaan Kinerja Batch 3 7 – 11 Juli 2025
34 Pemeriksaan Belanja Daerah Batch 2 — Tidak Menginap (TM) 21 – 25 Juli 2025
35 Pemeriksaan BLUD Batch 2 21 – 25 Juli 2025
36 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Batch 1 28 Jul – 1 Agustus 2025
37 Pemeriksaan Investigatif Batch 2 28 Jul – 1 Agustus 2025
38 Pemeriksaan Kinerja PDAM — Tidak Menginap (TM) 28 Jul – 1 Agustus 2025
39 Teknik Audit Batch 2 4 – 8 Agustus 2025
40 Pemeriksaan Kinerja Batch 4 4 – 8 Agustus 2025
41 IT Audit Batch 1 — Tidak Menginap (TM) 4 – 8 Agustus 2025
42 Pemeriksaan Infrastruktur Gedung dan Bangunan Batch 3 18 – 22 Agustus 2025
43 Probity Audit Batch 1 — Tidak Menginap (TM) 18 – 22 Agustus 2025
44 Sertifikasi PBJ Level 1 — Self Learning (SL) 18 – 22 Agustus 2025
45 Stress Management and Managing Your Time 19 – 21 Agustus 2025
46 Pemeriksaan Investigatif Batch 3 25 – 29 Agustus 2025
47 Pemeriksaan Pengelolaan Dana BOS 25 – 29 Agustus 2025
48 Pemeriksaan Belanja Daerah Batch 3 — Tidak Menginap (TM) 25 – 29 Agustus 2025
49 Sertifikasi PBJ Level 1 — Self Learning (SL) 25 – 29 Agustus 2025
50 Sertifikasi PBJ Level 1 — Klasikal plus ujian (SL 14 hari sebelumnya) 1 – 4 September 2025
51 Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa Batch 2 8 – 12 September 2025
52 Analisis Standart Belanja 8 – 12 September 2025
53 Digital Forensic Batch 1 — Tidak Menginap (TM) 8 – 12 September 2025
54 Pemeriksaan Pengadaan Barang dan Jasa Batch 2 15 – 19 September 2025
55 Teknik Audit Batch 3 15 – 19 September 2025
56 Probity Audit Batch 2 22 – 26 September 2025
57 Pemeriksaan BLUD Batch 3 — Tidak Menginap (TM) 22 – 26 September 2025
58 Pemeriksaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Batch 2 6 – 10 Oktober 2025
59 Komunikasi Pemeriksaan 6 – 10 Oktober 2025
60 IT Audit Batch 2 — Tidak Menginap (TM) 6 – 10 Oktober 2025
61 Pemeriksaan BUMD 13 – 17 Oktober 2025
62 Pemeriksaan Kinerja Sampah 13 – 17 Oktober 2025
63 Pemeriksaan Pengadaan Barang dan Jasa Batch 3 20 – 24 Oktober 2025
64 Penghitungan Kerugian Negara Batch 2 — Tidak Menginap (TM) 20 – 24 Oktober 2025
65 Reviu LKPD Batch 3 3 – 7 November 2025
66 Reviu LKPD Batch 4 — Tidak Menginap (TM) 3 – 7 November 2025
67 IT Audit Batch 3 3 – 7 November 2025
68 Teknik Komunikasi Efektif dan Public Speaking Batch 1 dan 2
11 – 13 November 2025

 

Tarif Diklat Kolaboratif

Besaran tarif diklat kolaboratif dihitung berdasarkan jumlah hari pelaksanaan diklat, adapun tarif diklat sebagai berikut:

Mekanisme Pendaftaran Diklat Kolaboratif

    1. Calon peserta diklat melakukan pendaftaran melalui link sesuai lokasi dimana diklat akan di selenggarakan dengan melampirkan surat pendaftaran calon peserta diklat yang ditujukan kepada: Kepala Badan Diklat PKN Jl. Bina Warga 2, Kalibata Raya, Jakarta Selatan 12750.
    2. Batas pendaftaran terakhir adalah 3 (tiga) Minggu sebelum tanggal pelaksanaan diklat.
    3. Bagi calon peserta diklat yang namanya tercantum pada pengumuman daftar nama calon peserta, diharuskan melakukan pembayaran dan konfirmasi bukti pembayaran sesuai dengan ketentuan yang tertera pada pengumuman.
    4. Seluruh infomasi mengenai informasi pendaftaran dan pelaksanaan diklat akan kami sampaikan melalui website, Untuk itu diharapkan bagi calon peserta diklat untuk selalu memperbaharui informasi melalui website kami.

 

 

2. DIKLAT EKSTERNAL PERMINTAAN 1 KELAS KHUSUS

Selain diklat kolaboratif yang telah kami jadwalkan, kami juga menyediakan program diklat permintaan satu kelas khusus sesuai kebutuhan instansi. Adapun Pilihan topik dapat dilihat pada Booklet dibawah ini

Unduh Boklet Diklat Eksternal Badiklat PKN

 

Mekanisme Pendaftaran Diklat Permintaan 1 Kelas Khusus

  1. Instansi calon peserta mengirimkan surat pendaftaran calon peserta diklat yang ditujukan kepada: Kepala Badan Diklat PKN Jl. Bina Warga 2, Kalibata Raya, Jakarta Selatan 12750. Surat dapat juga dikirim melalui email: pelatihan.eksternal@bpk. go.id.
  2. Surat pendaftaran calon peserta diklat setidaknya memuat informasi sebagai berikut: a). topik diklat yang diinginkan; b). daftar nama calon peserta (dilengkapi dengan NIP/NIK dan jabatan); c). usulan waktu penyelenggaraan; d). nomor kontak dan nama narahubung.
  3. Badiklat PKN mengirimkan surat balasan atas pendaftaran yang diajukan instansi.
  4. Instansi / calon peserta membayar PNBP ke nomor rekening Bendahara Penerimaan Badiklat PKN dan melakukan konfirmasi pembayaran.
  5. Pembayaran dilakukan selambatnya 7 (tujuh) hari kerja sebelum hari pelaksanaan diklat.
  6. Diklat dapat diselenggarakan apabila jumlah peserta mencapai minimal 20 orang.

 

Permintaan Pengembalian Biaya Diklat

Untuk mengetahui informasi permintaan pengembalian biaya diklat Klik Disini

LOKASI DIKLAT

  1. Badiklat PKN di Jakarta,

    Jl. Bina Warga 2 Kalibata Raya, Pancoran, Jakarta Selatan – DKI Jakarta 12750

  2. Balai Diklat PKN Medan,

    Jl. Jamin Ginting KM. 10,5 Simpang Selayang, Medan Tuntungan, Medan –  Sumatera Utara 20135

  3. Balai Diklat PKN Yogyakarta,

    Jl. HOS Cokroaminoto No.52 Tegalrejo, Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta 55253

  4. Balai Diklat PKN Gowa,

    Jl. H.M. Yasin Limpo No.59 Romangpolong, Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan 92113

  5. Balai Diklat PKN Bali,

    Jl. Permata Pering, Pering,Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar, Bali 80581

Klik Disini Untuk mengetahui Fasilitas dari Masing-Masing Lokasi Penyelenggaraan Diklat

jadwal diklat 2024