Kunjungan the Office of the Auditor General (OAG) – SAI Kenya ke Badiklat PKN BPK RI

05 September 2019 – 09:20

Delegasi SAI Kenya (OAG) melakukan kunjungan ke Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK pada Senin-Kamis, 25-31 Agustus 2019. Rombongan SAI Kenya dipimpin oleh Deputy Auditor General of OAGMr. David Mwangi Njoka. Tujuan kunjungan delegasi SAI Mongolia ke Badiklat PKN BPK adalah memperoleh pengetahuan dan berbagi pengalaman pemeriksaan terutama terkait pemeriksaan di Pertamina (knowledge sharing on cost recovery audits in upstream oil and gas). Delegasi yang yang hadir adalah Mr. Jared Arasa Nyasani (Manager-Audit), Mr. Nimrod Gikunju Nyaga (Audit Associate I), Ms. Brenda Chepchirchir Kiptoo (Audit Associate I), Ms. Mitschelle Akoth Onyango (Audit Associate II) dan Ms. Caroline Njambi Thindiu (Audit Associate II).

Setelah melakukan courtesy call dengan Wakil Ketua BPK di Kantor Pusat BPK, delegasi SAI Kenya disambut Plh. Kepala Badan Diklat PKN, Rio Tirta beserta Manajemen Badiklat PKN di Ruang Kelas I, Gedung Kelas Badiklat PKN. Acara penyambutan tersebut juga dihadiri Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) VII, Perwakilan dari Pertamina, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK, Widyaiswara dan Tim Pemeriksa AKN VII.

Pada hari pertama kunjungan para delegasi mendapatkan informasi terkait pengenalan tentang BPK yang disampaikan oleh Badiklat dan Oil and Gas Fiscal Regime in Indonesia and Kenya yang disampaikan oleh Tim Pemeriksa AKN VII. Pada hari kedua, delegasi berkesempatan melakukan tur untuk melihat fasilitas pembelajaran ruang kelas, galeri, poli kesehatan, perpustakaan, theater, ruang makan, auditorium, fitness centermoot court dan masjid yang berada di lingkungan Badiklat PKN BPK. Acara dilanjutkan dengan sharing knowledge terkait Production Sharing Contract (PSC) in Indonesia, including Tax, and Environment issues in upstream oil and gas dengan Tim Pemeriksa AKN VII.

Tim Pemeriksa AKN VII memaparkan informasi tentang Audit upstream oil and gas (planning to reporting process, preparing audit program (methodology, risk assessment, etc.)) pada hari ketiga. Untuk hari keempat, delegasi SAI Kenya melakukan Share experience on how to find findings, related regulations, IT usage, and working papers dengan Tim Pemeriksa AKN VII. Setelah sesi terakhir selesai maka delegasi SAI Kenya didampingi Widyaiswara dan Tim Pemeriksa AKN VII berangkat menuju Cirebon. Perjalanan ke Cirebon bertujuan untuk melakukan Site Visit ke Pertamina EP Working Area.  

Tim Pemeriksa AKN VII yang bertugas memberikan informasi dan sharing knowledge adalah Erwansyah Fuad, Rino Leksono, Deny Prasetyo, Paulina Sinaga, Mariyani, Brian P. Ariaji, dan Arif Munandar. Selama kegiatan kunjungan para delegasi juga didampingi oleh tim dari Subbagian Intosai-Asosai-Aseansai, Biro Humas dan Kerja Sama Internasional. (SE)

Foto: DM, MS