Dies Natalis Civitas Academica Ke-2 Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara

10 October 2019 – 12:25

Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK RI menyelenggarakan Dies Natalis Civitas Academica ke-2 dengan tema “SDM Unggul Badiklat Maju” pada Rabu, 2 Oktober 2019. Keberadaan Badiklat dalam struktur organisasi BPK RI ditandai dengan terbitnya keputusan Ketua BPK RI No. 14 Tahun 2017 tanggal 29 September 2017. “Keluarga besar Badiklat PKN mengucapkan puji syukur atas capaian yang telah diraih selama dua tahun terakhir,” ungkap Kepala Badiklat PKN, Hery Subowo di hadapan seluruh pegawai dan peserta diklat. Kegiatan ini dapat disaksikan oleh para pegawai di Balai Diklat PKN Medan, Yogyakarta dan Gowa secara live melalui jaringan teknologi informasi webinar.

Kepala Badiklat PKN menyampaikan capaian Badiklat PKN dalam upaya peningkatan SDM, sarana prasarana, dan metodologi pembelajaran. Badiklat PKN juga melakukan peningkatan hubungan dengan para stakeholder. Selama dua tahun terakhir, Badiklat PKN telah mendidik 1000 orang pemeriksa melalui pelaksanaan Diklat Jabatan Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama. Peningkatan kualitas pembelajaran diwujudkan Badiklat PKN dengan menjalin kerja sama dengan kalangan akademisi dan praktisi. Badiklat PKN juga melibatkan peran serta para Pimpinan BPK sebagai narasumber dalam diklat.

Prestasi lain yang telah diraih Badiklat PKN adalah pelaksanaan sertifikasi bagi para penanggung jawab penandatanganan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan, Certified Financial Services Auditor (CFSA). “Ini merupakan kebanggaan bagi pemeriksa BPK RI. Sebab, hanya penyangga CFSA-lah yang dapat menandatangani LHP Keuangan,” ujar Kepala Badiklat PKN. Pada tahun ini, Badiklat PKN juga berhasil meluncurkan Program Computing Assesment Test (CAT) sebagai sarana uji kompetensi para peserta diklat. Adanya program CAT diharapkan akan menghasilkan hasil tes yang sangat objektif. Peluncuran program CAT tentunya juga akan meningkatkan keseriusan peserta diklat selama proses pembelajaran berlangsung.

Pada tahun ini, Badiklat PKN juga menggelar A Day with The Board, sebuah terobosan dalam melibatkan Pimpinan BPK RI dalam kegiatan pembelajaran selama satu hari. Kegiatan ini menjadi sarana dalam menjalin kedekatan hubungan antara Pimpinan BPK RI dan para peserta diklat CPNS dan pegawai.

Puncak acara Dies Natalis Civitas Academica Badiklat PKN ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Ketua BPK RI, Bahrullah Akbar didampingi oleh para pejabat struktural di lingkungan Badiklat PKN. ”Perayaan peringatan HUT Badiklat PKN ke-2 ini adalah kesempatan baik untuk merefleksikan kinerja Badiklat PKN selama dua tahun terakhir ini,” ujar Wakil Ketua BPK RI. Dengan melakukan refleksi diri ini, Wakil Ketua BPK RI berharap agar seluruh pegawai tidak merasa cepat puas diri. Wakil Ketua BPK RI berpesan agar para pegawai menjaga kekompakan, sinergi dan tetap memegang teguh integritas, independensi serta profesionalisme. (IA).

Foto: DM,WW