Badan Diklat PKN BPK Melakukan Pembahasan Kerja Sama dengan Tujuh Lembaga Diklat Pemerintah

27 January 2020 – 11:15

Berlokasi di Aula Badan Diklat PKN BPK, Senin (13/1/20) Kepala Badan Diklat PKN BPK, Hery Subowo didampingi Kepala Pusat Standarisasi dan Evaluasi Badan Diklat PKN BPK, Gunarwanto memandu penyelenggaraan kegiatan Pembahasan Kerja Sama terkait program Accountability for All dengan tujuh lembaga diklat pemerintah, yaitu Lembaga Ketahanan Nasional RI, Lembaga Administrasi Negara, Lembaga Diklat POLRI, Sekolah Staf dan Komando TNI, Sekolah Staf dan Komando TNI AD, Sekolah Staf dan Komando TNI AL, dan Sekolah Staf dan Komando TNI AU.

Sesuai visi misi BPK dalam renstra menjadi lembaga pemeriksa tepercaya dan berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan negara, Badan Diklat PKN berperan aktif mewujudkan tata kelola keuangan yang berkualitas dan bermanfaat dengan memberikan pemahaman mengenai akuntabilitas pengelolaan keuangan negara melalui kerja sama dengan beberapa lembaga diklat instansi pemerintah. Kerja sama ini nantinya dapat berupa penambahan kurikulum diklat mengenai akuntabilitas pengelolaan keuangan negara pada level pimpinan maupun dalam bentuk ceramah umum pembekalan yang disampaikan narasumber dalam bidang pengelolaan dan pemeriksaan keuangan negara. Diharapkan dengan kerja sama ini, instansi pemerintah dapat lebih baik menerapkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara khususnya pada level pimpinan atau calon pimpinan.

Program Accountability for All melalui kerja sama ini disambut baik oleh para lembaga diklat khususnya untuk menambah pengetahuan para peserta diklat mengenai akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Kerja sama ini akan dilakukan dengan memperhatikan prosedur yang berlaku di tiap-tiap lembaga diklat serta kurikulum yang sudah berlangsung saat ini sehingga dapat menghasilkan sinergi yang optimal antara Badan Diklat PKN BPK dengan entitas lembaga diklat.