Diskusi Proyek Perubahan bersama Wakil Ketua BPK

28 July 2020 – 11:42

Badiklat PKN BPK menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2020 yang diikuti oleh 28 peserta terdiri atas Pejabat Administrator (Eselon III) dari unit kerja BPK Pusat dan Perwakilan. Pelatihan yang diselenggarakan dengan metode distance learning melalui aplikasi Zoom dan Learning Management System (LMS) ini terbagi menjadi beberapa tahapan yang telah dimulai sejak 9 Juli 2020. Pola pembelajaran PKA menuntut para peserta untuk dapat menunjukkan kinerja maksimal dalam merancang perubahan di unit kerjanya.

Produk pembelajaran dalam tahap ini adalah rancangan aksi perubahan kinerja organisasi yang dapat memberikan dampak signifikan dan positif bagi unit kerja maupun organisasi. Untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan para peserta diklat, dalam sesi kali ini penyelenggara diklat menghadirkan Wakil Ketua BPK, Dr. Agus Joko Pramono, CSFA untuk berdiskusi sekaligus memberikan paparan mengenai proyek perubahan dengan tema “Membuat Perubahan di BPK RI” (28/7/20).

     

Mengawali diskusi, Wakil Ketua BPK menyampaikan 3 fase perubahan meliputi unfreezing (fase pencairan), changing (fase perubahan), dan refreezing (fase pembekuan kembali) untuk memperkuat perubahan yang telah dilakukan. Selain merancang proyek perubahan, disampaikan pula berbagai tipe perubahan yang mungkin terjadi dalam organisasi sehingga para peserta harus mampu memprediksi serta meminimalkan pengaruh dari perubahan yang diimplementasikan. Wakil Ketua juga menyampaikan bahwa untuk merancang proyek perubahan ini, pemanfaatan Supreme Audit Institution Performance Measurement Framework (SAI PMF) dapat diterapkan dalam menyusun dan mengimplementasikan aksi perubahan yang akan dibuat.

Diklat yang rencananya akan diselenggarakan secara onclass dan offclass ini juga akan diisi dengan studi lapangan pada 2 lokus yang berbeda yaitu implementasi aksi perubahan kinerja organisasi di masing-masing unit kerja dan seminar aksi perubahan untuk menilai pencapaian kompetensi kepemimpinan kinerja. Dengan berbagai teknik yang diimplementasikan dalam PKA ini, diharapkan dapat memperluas wawasan dan menjadi bekal dalam melakukan aksi perubahan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi unit kerja sehingga menjadikan BPK sebagai organisasi yang lebih baik lagi.