Penutupan Pelaksanaan PKA Tahun 2024, Kepala Badiklat PKN Menyampaikan Executive Speech dan Berikan Penghargaan kepada Peserta Terbaik

Kepala Badiklat PKN, R. Yudi Ramdan Budiman, menutup secara resmi penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Tahun 2024 di Badiklat PKN  Kalibata, pada Jumat (11/10). PKA yang telah diselenggarakan sejak 3 Juni 2024 ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial Jabatan Administrator, yaitu kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja, untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas Jabatan Administrator.

“Selamat kepada seluruh peserta, mari berkolaborasi, bersinergi, memberikan yang terbaik bagi instansi, menjadi pejabat administrator yang kompeten menghadapi segala tantangan di depan”, ucap Kepala Badiklat PKN dalam sambutannya.

Kepala Badiklat PKN menambahkan bahwa guna mewujudkan word class bureaucracy, setiap instansi membutuhkan sosok pemimpin yang selain memiliki kompetensi serta jiwa kolaboratif, juga harus memiliki tanggung jawab memimpin pelaksanaan kegiatan pelayanan publik. Untuk itu, diharapkan melalui pelatihan ini selain dapat meningkatkan kompetensi, peserta juga akan menjadi pemimpin perubahan yang sesuai dengan kebutuhan organisasinya.

Dalam rangkaian penutupan PKA ini Kepala Badiklat PKN juga menyampaikan Executive Speech: BPK & Emerging Issues kepada para peserta pelatihan. Menurutnya, untuk merespon tantangan perubahan yang sangat cepat, seorang pemimpin hendaknya memahami isu-isu aktual baik di lingkup global maupun nasional. Pemahaman terhadap isu ini akan memperkuat tiga hal yaitu PerspectiveEnrichment, dan Contextualization.

 “Bagi seorang pemimpin yang memahami isu-isu aktual akan memperkuat tiga hal, yaitu pertama perspektif menjadi luas melihat permasalahan yang ada, kedua memperkaya kemampuan dalam mengetahui informasi pengetahuan yang relevan, dan ketiga memastikan adanya kontektualisasi dari apa yang kita pelajari dalam pelayanan di BPK.”ungkapnya.

Pelatihan PKA ini diselenggarakan secara blended learning oleh Badiklat PKN bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara, pada tanggal tanggal 3 Juni s.d. 11 Oktober 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 13 (tiga belas) orang yang terdiri atas 12 (dua belas) orang peserta dari BPK dan 1 (satu) orang peserta dari Pemerintah Kota Banjarmasin.

Sebagai penutup rangkaian acara, Kepala Badiklat PKN memberikan piagam penghargaan kepada peserta PKA dengan nilai terbaik dan rencana aksi perubahan terbaik.