Senin 30 April 2018, para peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan I Tahun 2018 menggunakan jasa transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) menuju Stasiun Juanda. Mereka bermaksud mengunjungi kantor pusat PT. Kereta Commuter Indonesia di Stasiun Juanda, Jakarta. Kunjungan ini merupakan bagian dari pembelajaran mata diklat Inovasi, dimana para peserta belajar tentang ragam inovasi yang telah diterapkan oleh instansi lain. “Kereta Commuter Indonesia telah mengalami revolusi menjadi lebih baik dari masa ke masa,” ungkap Vice President Corporate Secretary PT. KCI, Philippus Surjanto Hartanto. Dalam paparannya, Surjanto menginformasikan bahwa PT. KCI telah banyak melakukan perbaikan dan perubahan dalam pada sistem, kinerja, layanan, fasilitas dan aspek-aspek lainnya. Salah satu contohnya adalah penerapan teknologi sebagai otomatisasi dan elektronisasi pada sistem e-ticketing. Perbaikan budaya organisasi juga menjadi perhatian khusus PT. KCI dalam membenahi diri.
Sujanto menjelaskan tentang budaya organisasi yang diusung oleh PT. KCI. Nilai-nilai integritas, peduli, komitmen, mampu, percaya diri, dan bangga ditanamkan pada seluruh karyawan PT. KCI secara terus menerus. Sujanto juga mengakui, penerapan perubahan tidak selamanya berlangsung mulus. Tak jarang muncul pula hambatan dalam penerapan nilai-nilai dalam budaya perusahaan. Namun dengan integritas, kami memecah hambatan sehingga PT. KCI terus melakukan perubahan dan inovasi agar dapat melayani seluruh penumpang dengan layanan yang terbaik. Para peserta diklat terlihat antusias menyimak paparan beragam inovasi yang telah dilakukan oleh PT. KCI. Para peserta melakukan diskusi dan tanya jawab untuk menggali secara lebih detil tentang terobosan dan inovasi yang sudah dan akan dilakukan oleh PT. KCI. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya wawasan peserta diklat dalam rangka penyusunan rancangan proyek perubahan mereka. (JK)
Foto: DM